Rabu, 13 November 2013

Mobile Computing

Mobile Computing adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan aplikasi pada piranti berukuran kecil, portable, dan wireless serta mendukung komunikasi. Mobile Computing merupakan Sebuah teknologi yang memungkinkan transmisi data, melalui komputer, tanpa harus terhubung ke link fisik tetap.

Yang termasuk mobile computing
      laptop dengan wireless LAN
      mobile phone
      wearable computer
      Personal Digital Assistant (PDA)

Wireless LAN adalah sebuah piranti penghubung yang digunkan untuk menjangkau wilayah LAN yang sulit dicapai dengan kabel tembaga biasa (copper wire), juga untuk menjangkau pengguna bergerak (mobile-users). Dan Ada empat komponen utama dalam membangun jaringan WLAN ini:
·         Access Point
Berfungsi untuk mengkonversikan sinyal frekuensi radio (RF) menjadi sinyal digital yang akan disalurkan melalui kabel, atau disalurkan ke perangkat WLAN yang lain dengan dikonversikan ulang menjadi sinyal frekuensi radio.
·         Wireless LAN Interface
merupakan device yang dipasang di Access-Point atau di Mobile/Desktop PC, device yang dikembangkan secara massal adalah dalam bentuk PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association) card.
·         Wired LAN
merupakan jaringan kabel yang sudah ada, jika Wired LAN tidak ada maka hanya sesama WLAN saling terkoneksi.
·         Mobile/Desktop PC
 merupakan perangkat akses untuk klien, mobile PC pada umumnya sudah terpasang port PCMCIA sedangkan desktop PC harus ditambahkan PC Card PCMCIA dalam bentuk ISA (Industry Standard Architecture) atau PCI (Peripheral Component Interconnect) card.

Mobile phone (cell phone) Adalah perangkat elektronik portabel yang berfungsi sebagaimana pesawat telepon normal, yang dapat bergerak pada suatu area yang luas. (bandingkan dengan cordless phone). Kebanyakan mobile phone saat ini menggunakan kombinasi transmisi radio dan telephone circuit switching (PSTN) konvensional, walaupun packet switching sudah digunakan untuk beberapa bagian jaringan mobile phone, khususnya untuk layanan akses Internet dan WAP. Dan dapat di gunakan untuk Voice function, SMS, packet switching untuk Internet, MMS.

Wearable Computer adalah suatu computer yang “ditanamkan / embedded” di dalam sebuah peralatan yang dapat digunakan oleh manusia, untuk memenui sebuah kebutuhan yang memang sengaja di ciptakan untuk memudahkan kegiatan manusia, atau bertujuan untuk menghibur diri mereka. Seperti contohnya kecanggihan jam tangan yang digunakan james bond untuk mendukung aktivitas intelijen yang dilakukanya.

Personal Digital Assistant (PDA) adalah sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa ke mana-mana. PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi pada awalnya, tetapi karena perkembangannya, kemudian bertambah banyak fungsi kegunaannya, seperti kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permaianan komputer, pengakses internet, penerima dan pengirim surat elektronik (e-mail), penerima radio, perekam video, dan pencatat memo.

Keuntungan mobile technology
       Extreme Personalization
      Ponsel diantara dompet dan kunci motor
      Tempat menyimpan segala informasi pribadi
       Pengaksesan Informasi setiap saat dan dimanapun
      Memungkinkan kita untuk bekerja, belanja atau bermain tanpa batasan waktu dan tempat (asal terhubung!)
       Mobilitas tinggi tanpa kerumitan kabel (W-LAN) & Instalasi jaringan yang cepat
       Kompatible yang tinggi dengan teknologi lain
       Cocok untuk daerah yang belum ada infrastruktur
       Reduksi biaya : dalam kasus pengembangan, pemindahan maupun perubahan konfigurasi LAN.

Kekurangan mobile technology
       Harus LoS (Line of Sight)
       Security
       Interferences (pesawat?)
       Sensitif terhadap cuaca
       Keterbatasan jarak (10-100m)
       Izin penggunaan Frequency
      Menggunakan frekuensi 2.4 GH

Perubahan telekomunikasi

       Fleksibilitas pemakaian :
      Menggeser penggunaan telepon kabel
      Tidak dibatasi dalam suatu ruang tertentu (selama dalam area hot spot)
      Bentuk dan ukuran
       Jumlah pemakai yang meningkat
      2000 sampai 2005 - kurang lebih 200 juta pelanggan
      2006 – kurang lebih 800 juta
       Jumlah network provider yang meningkat
      Bukan merupakan barang mewah, tetapi menjadi “part of life”.
       Fasilitas layanan yang meningkat : internet dan multimedia
       Kapasitas memori yang memungkinkan :
      Penyimpanan nomor telepon,  Pesan singkat (SMS), gambar, dan  aplikasi.

Generation Mobile Phones
       0G
      Push to Talk
      Mobile Telephone System
      Improved Mobile Telephone System
      Advanced Mobile Telephone System
       900 Mhz
       In japan
       1G
      Nordic Mobile Telephone (1rst cell phone in jerman)
      Advanced Mobile Phone System (analog mobile phone)
      Analog, Band frekuensi 800 MHz
       2G
      Digital System
      Global System for Mobile communications (GSM: originally from Groupe Spécial Mobile)
       The most standard cell phone
       SMS
      Integrated Digital Enhanced Network (iDEN)
       Developed by Motorola
       Uses Time Division Multiple Access
      Digital AMPS
      code division multiple access (CDMAone)
      Menggunakan frek: 800, 900, 1800, 1900 MHz
       2.5G
      General Packet Radio System
       56 – 114 Kbps, for SMS, MMS, WAP, Internet
       2.75G
      CDMA2000
      Enhanced Data rates for GSM Evolution (EDGE) or Enhanced GPRS (EGPRS)
       3G
      Wideband Code Division Multiple Access (WCDMA)
      Universal Mobile Telecommunication System
      CDMA 2000
      WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access)
       3.5G
      HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access)
       1.8, 3.6, 7.2 and 14.4 Mbit/s
       4G
      Ultra Mobile Broadband (UMB)
Perbedaan
       1G:
      radio sinyal bersifat analog
      Pada frekuensi 800 Mhz & 400 Mhz
      Dimulai dari Chicago, dikomersilkan 1983
       2G:
      radio sinyal bersifat digital
      Dimulai dari maret 1993
      Menggunakan TDM (Time Division Multiplexing)
      Frekuensi 800 – 1900 Mhz
      Dikenalnya GSM dan CDMA
       2.5G – 3G: digital high speed
       4G: IPv6, voice, digital high speed
3G
       Sistem 3G dimaksudkan untuk menyediakan global mobility dengan cakupan layanan yang lebih luas, seperti telephony, paging, messaging, Internet dan broadband data.
       International Telecommunication Union (ITU) memulai proses standard sistem 3G dikenal sebagai International Mobile Telecommunications 2000 (IMT-2000).
       European Telecommunications Standards Institute (ETSI) bertanggung jawab terhadap proses standarisasi UMTS (universal mobile telecommunication systems).
       Tahun 1998, Third Generation Partnership Project (3GPP) dibentuk untuk melanjutkan pekerjaan spesifikasi teknis UMTS.
3G (2)
       Third Generation Partnership Project 2 (3GPP2) dibentuk untuk mengembangkan teknologi cdma2000 yang merupakan anggota keluarga IMT-2000.
       Februari 1992, World Radio Conference mengalokasikan untuk pemakaian UMTS
      Frekuensi 1885 - 2025 Mhz dan 2110 - 2200 MHz digunakan untuk IMT-2000.
       Jaringan 3G menyediakan transmisi data rate lebih  tinggi: 384Kbps, dibandingkan dengan GSM 56Kbps
       WCDMA menggunakan lebar 5 MHz sinyal radio dengan chip rate 3.84 Mcps
      Lebih besar 3 kali daripada cdmaOne (IS-95), yang menggunakan lebar 1,25 Mhz dengan chip rate 1,22 Mcps.

Operator Selular Indonesia
       AMPS (Komselindo)
       GSM (Telkomsel, Satelindo, Excelcom)
       GPRS (Telkomsel, Satelindo, Excelcom)
       CDMA (Telkom Flexy, Indosat StarOne, Bakrie Telko Esia, Mobile-8 Fren)

Aplikasi Mobile Phone
       Messaging (SMS, MMS, Instant Messaging)
       Mobile transaction (SMS alert, MMS alert, report analisys)
       Mobile workplace (Email, calender, CRM, Instant Messaging)
       Mobile music and videos (Monotone, RTTTL, Midi, mp3, wav, mp4, screensaver, picture message, A2DP)
       Mobile games (Monochrome games, java games, Symbian)

Mobile Killer Application
       Contoh : email, www, instance messaging, online auction, p2p file sharing
       Mobile Entertainment
      Th 2003, $3,5 juta diperoleh dari bisnis ringtone (RBT)
      Multiplayer Games
      Content-based applications
      High-impact visual games
       Mobile Enterprise
      Terhubung ke berbagai kegiatan perusahaan
       Perlu akses email, database dan im
      Pengaksesan file
       Perlu mobile client untuk download, view dan sinkronisasi dokumen
      Menanggapi panggilan dan permintaan melalui layanan pesan
       Perlu push-based data
      Optimisasi penjadwalan dan perpindahan
       Perlu aplikasi location-aware
      Pengaksesan portal web perusahaan

Pengguna Aplikasi Mobile
       Worker
      Mobile Worker
      Melakukan pengecekan email, jadwal, dan kondisi
      Memperbarui email, jadwal, dan kondisi
      Pertemuan atau rapat
      Mengatur pegawai
      Membaca atau menulis bisnis dokumen
       Sales
      Mempersiapkan pertemuan dengan pelanggan
      Pertemuan dengan pelanggan
      Mengunjungi ke tempat pelanggan
      Membaca dan menulis catatan bisnis
      Melakukan tugas administrasi
      Melakukan follow-up tugas
       Perbaikan / Jasa
      Menerima panggilan perbaikan
      Mengetahui informasi tugas pesanan
      Mengunjungi ke tempat perbaikan untuk pelanggan
      Mengetahui perkerjaan selanjutnya
      Melakukan perbaikan atau follow-up pekerjaan
      Pembayaran
      Penjadwalan follow-up tugas
      Melakukan tugas administrasi
       Konsultan
      Bekerja di tempat pelanggan atau kantor sendiri
      Mengetahui apa yang akan dilakukan
      Melakukan pelayanan atau follow-up tugas
      Pembayaran
      Penjadwalan follow-up tugas
      Melakukan tugas administrasi.

0 komentar:

Posting Komentar