Mobile Computing adalah suatu istilah yang digunakan
untuk menggambarkan aplikasi pada piranti berukuran kecil, portable, dan
wireless serta mendukung komunikasi. Mobile Computing
merupakan Sebuah teknologi yang
memungkinkan transmisi data, melalui
komputer, tanpa harus terhubung
ke link fisik tetap.
Yang termasuk mobile
computing
–
laptop
dengan wireless LAN
–
mobile
phone
–
wearable
computer
–
Personal
Digital Assistant (PDA)
Wireless LAN adalah sebuah piranti penghubung yang
digunkan untuk menjangkau wilayah LAN yang sulit dicapai dengan kabel tembaga
biasa (copper wire), juga untuk menjangkau pengguna bergerak (mobile-users). Dan
Ada empat komponen utama dalam membangun jaringan WLAN ini:
·
Access
Point
Berfungsi
untuk mengkonversikan sinyal frekuensi radio (RF) menjadi sinyal digital yang
akan disalurkan melalui kabel, atau disalurkan ke perangkat WLAN yang lain
dengan dikonversikan ulang menjadi sinyal frekuensi radio.
·
Wireless
LAN Interface
merupakan
device yang dipasang di Access-Point atau di Mobile/Desktop PC, device yang
dikembangkan secara massal adalah dalam bentuk PCMCIA (Personal Computer Memory
Card International Association) card.
·
Wired
LAN
merupakan
jaringan kabel yang sudah ada, jika Wired LAN tidak ada maka hanya sesama WLAN
saling terkoneksi.
·
Mobile/Desktop
PC
merupakan perangkat akses untuk klien, mobile
PC pada umumnya sudah terpasang port PCMCIA sedangkan desktop PC harus
ditambahkan PC Card PCMCIA dalam bentuk ISA (Industry Standard Architecture)
atau PCI (Peripheral Component Interconnect) card.
Mobile
phone (cell phone) Adalah perangkat elektronik portabel yang berfungsi
sebagaimana pesawat telepon normal, yang dapat bergerak pada suatu area yang
luas. (bandingkan dengan cordless phone). Kebanyakan mobile phone saat ini
menggunakan kombinasi transmisi radio
dan telephone circuit switching
(PSTN) konvensional, walaupun packet
switching sudah digunakan untuk beberapa bagian jaringan mobile phone,
khususnya untuk layanan akses Internet dan WAP. Dan dapat di gunakan untuk Voice function, SMS, packet
switching untuk Internet, MMS.
Wearable Computer adalah suatu computer yang
“ditanamkan / embedded” di dalam sebuah peralatan yang dapat digunakan oleh
manusia, untuk memenui sebuah kebutuhan yang memang sengaja di ciptakan untuk
memudahkan kegiatan manusia, atau bertujuan untuk menghibur diri mereka. Seperti
contohnya kecanggihan jam tangan yang digunakan james bond untuk mendukung
aktivitas intelijen yang dilakukanya.
Personal Digital Assistant (PDA) adalah sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa ke mana-mana.
PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi pada awalnya, tetapi karena
perkembangannya, kemudian bertambah banyak fungsi kegunaannya, seperti kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permaianan komputer,
pengakses internet, penerima dan pengirim surat elektronik (e-mail),
penerima radio, perekam video, dan pencatat memo.
Keuntungan mobile technology
• Extreme Personalization
–
Ponsel
diantara dompet dan kunci motor
–
Tempat
menyimpan segala informasi pribadi
• Pengaksesan Informasi setiap saat dan
dimanapun
–
Memungkinkan
kita untuk bekerja, belanja atau bermain tanpa batasan waktu dan tempat (asal
terhubung!)
• Mobilitas tinggi tanpa kerumitan kabel
(W-LAN) & Instalasi jaringan yang cepat
• Kompatible yang tinggi dengan
teknologi lain
• Cocok untuk daerah yang belum ada
infrastruktur
• Reduksi biaya : dalam kasus
pengembangan, pemindahan maupun perubahan konfigurasi LAN.
Kekurangan mobile technology
• Harus
LoS (Line of Sight)
• Security
• Interferences
(pesawat?)
• Sensitif
terhadap cuaca
• Keterbatasan
jarak (10-100m)
• Izin
penggunaan Frequency
–
Menggunakan
frekuensi 2.4 GH
Perubahan telekomunikasi
• Fleksibilitas pemakaian :
–
Menggeser
penggunaan telepon kabel
–
Tidak
dibatasi dalam suatu ruang tertentu (selama dalam area hot spot)
–
Bentuk
dan ukuran
• Jumlah pemakai yang meningkat
–
2000
sampai 2005 - kurang lebih 200 juta pelanggan
–
2006
– kurang lebih 800 juta
• Jumlah network provider yang meningkat
–
Bukan
merupakan barang mewah, tetapi menjadi “part of life”.
• Fasilitas layanan yang meningkat :
internet dan multimedia
• Kapasitas memori yang memungkinkan :
–
Penyimpanan
nomor telepon, Pesan
singkat (SMS), gambar, dan aplikasi.
Generation Mobile Phones
• 0G
–
Push
to Talk
–
Mobile
Telephone System
–
Improved
Mobile Telephone System
–
Advanced
Mobile Telephone System
• 900 Mhz
• In japan
• 1G
–
Nordic
Mobile Telephone (1rst cell phone in jerman)
–
Advanced
Mobile Phone System (analog mobile phone)
–
Analog,
Band frekuensi 800 MHz
• 2G
–
Digital
System
–
Global System for Mobile communications (GSM:
originally from Groupe Spécial Mobile)
• The most standard cell phone
• SMS
– Integrated
Digital Enhanced Network (iDEN)
• Developed by Motorola
• Uses Time Division Multiple Access
– Digital
AMPS
– code
division multiple access (CDMAone)
– Menggunakan frek: 800, 900, 1800, 1900
MHz
• 2.5G
– General Packet Radio System
• 56 – 114 Kbps, for SMS, MMS, WAP,
Internet
• 2.75G
– CDMA2000
– Enhanced
Data rates for GSM Evolution (EDGE) or Enhanced GPRS (EGPRS)
• 3G
–
Wideband Code Division Multiple Access (WCDMA)
–
Universal Mobile Telecommunication System
–
CDMA
2000
–
WiMAX
(Worldwide Interoperability for Microwave Access)
• 3.5G
–
HSDPA
(High-Speed Downlink Packet Access)
• 1.8,
3.6, 7.2 and 14.4 Mbit/s
• 4G
–
Ultra Mobile Broadband (UMB)
Perbedaan
• 1G:
–
radio
sinyal bersifat analog
–
Pada
frekuensi 800 Mhz & 400 Mhz
–
Dimulai
dari Chicago, dikomersilkan 1983
• 2G:
–
radio
sinyal bersifat digital
–
Dimulai
dari maret 1993
–
Menggunakan
TDM (Time Division Multiplexing)
–
Frekuensi
800 – 1900 Mhz
–
Dikenalnya
GSM dan CDMA
• 2.5G – 3G: digital high speed
• 4G: IPv6, voice, digital high speed
3G
• Sistem 3G dimaksudkan untuk
menyediakan global mobility dengan cakupan layanan yang lebih luas, seperti
telephony, paging, messaging, Internet dan broadband data.
• International Telecommunication Union
(ITU) memulai proses standard sistem 3G dikenal sebagai International Mobile
Telecommunications 2000 (IMT-2000).
• European Telecommunications Standards
Institute (ETSI) bertanggung jawab terhadap proses standarisasi UMTS (universal
mobile telecommunication systems).
• Tahun 1998, Third Generation
Partnership Project (3GPP) dibentuk untuk melanjutkan pekerjaan spesifikasi
teknis UMTS.
3G (2)
• Third Generation Partnership Project 2
(3GPP2) dibentuk untuk mengembangkan teknologi cdma2000 yang merupakan anggota
keluarga IMT-2000.
• Februari 1992, World Radio Conference
mengalokasikan untuk pemakaian UMTS
–
Frekuensi
1885 - 2025 Mhz dan 2110 - 2200 MHz digunakan untuk IMT-2000.
• Jaringan 3G menyediakan transmisi data
rate lebih tinggi: 384Kbps, dibandingkan
dengan GSM 56Kbps
• WCDMA menggunakan lebar 5 MHz sinyal
radio dengan chip rate 3.84 Mcps
–
Lebih
besar 3 kali daripada cdmaOne (IS-95), yang menggunakan lebar 1,25 Mhz dengan
chip rate 1,22 Mcps.
Operator Selular Indonesia
• AMPS (Komselindo)
• GSM
(Telkomsel, Satelindo, Excelcom)
• GPRS (Telkomsel, Satelindo, Excelcom)
• CDMA (Telkom Flexy, Indosat StarOne, Bakrie
Telko Esia, Mobile-8 Fren)
Aplikasi Mobile Phone
• Messaging (SMS, MMS, Instant Messaging)
• Mobile transaction (SMS alert, MMS
alert, report analisys)
• Mobile workplace (Email, calender,
CRM, Instant Messaging)
• Mobile music and videos (Monotone,
RTTTL, Midi, mp3, wav, mp4, screensaver, picture message, A2DP)
• Mobile games (Monochrome games, java
games, Symbian)
Mobile Killer Application
• Contoh : email, www, instance
messaging, online auction, p2p file sharing
• Mobile Entertainment
–
Th
2003, $3,5 juta diperoleh dari bisnis ringtone (RBT)
–
Multiplayer
Games
–
Content-based
applications
–
High-impact
visual games
• Mobile Enterprise
–
Terhubung
ke berbagai kegiatan perusahaan
• Perlu akses email, database dan im
–
Pengaksesan
file
• Perlu mobile client untuk download,
view dan sinkronisasi dokumen
–
Menanggapi
panggilan dan permintaan melalui layanan pesan
• Perlu push-based data
–
Optimisasi
penjadwalan dan perpindahan
• Perlu aplikasi location-aware
–
Pengaksesan
portal web perusahaan
Pengguna Aplikasi Mobile
• Worker
–
Mobile
Worker
–
Melakukan
pengecekan email, jadwal, dan kondisi
–
Memperbarui
email, jadwal, dan kondisi
–
Pertemuan
atau rapat
–
Mengatur
pegawai
–
Membaca
atau menulis bisnis dokumen
• Sales
–
Mempersiapkan
pertemuan dengan pelanggan
–
Pertemuan
dengan pelanggan
–
Mengunjungi
ke tempat pelanggan
–
Membaca
dan menulis catatan bisnis
–
Melakukan
tugas administrasi
–
Melakukan
follow-up tugas
• Perbaikan / Jasa
–
Menerima
panggilan perbaikan
–
Mengetahui
informasi tugas pesanan
–
Mengunjungi
ke tempat perbaikan untuk pelanggan
–
Mengetahui
perkerjaan selanjutnya
–
Melakukan
perbaikan atau follow-up pekerjaan
–
Pembayaran
–
Penjadwalan
follow-up tugas
–
Melakukan
tugas administrasi
• Konsultan
–
Bekerja
di tempat pelanggan atau kantor sendiri
–
Mengetahui
apa yang akan dilakukan
–
Melakukan
pelayanan atau follow-up tugas
–
Pembayaran
–
Penjadwalan
follow-up tugas
–
Melakukan
tugas administrasi.
Mobile Computing